Dekan FEB Membuka Pelatihan Penyusunan Modul Perkuliahan Jurusan Manajemen

Dekan FEB Membuka Pelatihan Penyusunan Modul  Perkuliahan Jurusan Manajemen

Kompetensi lulusan mahasiswa merupakan hasil formulasi atau kombinasi dari Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN DIKTI No. 44 tahun 2015) dan Profil Lulusan Program Studi. Setiap kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa harus seiring dengan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang telah disusun oleh Program Studi. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) adalah keterampilan, pengetahuan atau sikap yang harus dikembangkan oleh mahasiswa sebagai hasil pembelajaran mereka. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) masih bersifat umum, maka agar dapat diidentifikasi, maka Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dapat dijabarkan ke dalam Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CMPK) yang lebih spesifik, CPMK dapat dikatakan suata gambaran yang diharapkan dimiliki oleh mahasiswa setelah menyelesaikan perkuliahan. Guna memperoleh output yang dapat diukur maka diperlukan adanya models of instructional design pada setiap mata kuliah yang diajarkan oleh setiap Dosen.

Dewasa ini, Dosen bukan lagi dianggap sebagai sumber ilmu bagi mahasiswa, namun Dosen diharapkan mampu mengembangkan setiap mata kuliah yang diajarkan serta membimbing mahasiswa menjadi lebih mandiri, tuntas dalam penyelesaikan materi yang diberikan serta dapat menghasilkan output yang jelas dan terukur. Pengembangan suatu materi perkuliahan sangat diperlukan bagi Dosen dalam proses mentransferkan knowledge kepada mahasiswa, dimulai dari penyampaian teori, mendesain, bagaimana pelaksanaan dalam kelas hingga tahap membuatan bahan ajar dan modul. Modul dapat dibuatkan oleh dosen yang akan digunakan secara mandiri oleh mahasiswa sebagai bahan ajar dengan menyesuaikan tingkat kecepatan pemahaman mahasiswa tersebut.

Pelatihan yang dilaksanakan oleh Jurusan Manajemen dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Bapak Dr. H. Junaidi, SE,.M.Si dilaksanakan pada tanggal 12-13 November 2020 mengusung tema “Pengajar Pelatihan Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Kuliah bagi Dosen Jurusan Manajemen pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi. Peserta pelatiahan yang dikuti oleh dosen manajemen menghadirkan pemateri yang handal dibidangnya antara lain Prof. Dr. M. Rusdi, S.Pd., M.Sc, Muhammad Hasan Effendi, S.Pd., M.Si., Ph.D dan Delita Sartika, S.S, M.ITS, Ph.D.

Pada kesempatan ini Pemateri Prof. Dr. M. Rusdi, S.Pd., M.Sc menyampaikan tahapan-tahapan dalam pengembangan modul dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Impelementation, Evaluation). Pada tahap Analysis yang perlu diperhatikan adalah menganalisa terkait Kurikulum (CPL, CPMK dan Sub CPMK), karakteristik mahasiswa, teknologi dan konteks. Pada tahap Design seorang dosen mampu membuat substansi dan urutan materi yang akan diajarkan, flowcart, format dan aspek pembelajaran. Selanjutnya pada tahap Development, pada tahap ini dosen harus mampu mewujudkan modul dalam bentuk prototipe serta meminta pendapat dan masukan dari tim dosen atau team tecahing,. Kemudian pada tahan Impelementation dilakukan pada uji coba terhadap mahasiswa di dalam kelas dan terakhir tahap Evaluation, dosen melakukan penilaian baik secara formatif maupun secara sumatif.

Selanjutnya Ibu Dr. Zulfina Andriani, SE., M.Sc selaku ketua Jurusan Manajemen menyampaikan dengan adanya pelatihan ini diharapkan agar dosen memahami tentang penyusunan dalam pembuatan modul sehigga mampu mengembangkan dan mendesain suatu mata kuliah yang diajarkan kepada mahasiswa dan dapat meminimalisirkan tingkat kesulitan pada setiap mata kuliah.

Materi

  1. Prinsip-Prinsip Pengembangan Modul Perkuliahan
  2. Pengembangan Modul Mata Kuliah Berbasis OBE
  3. Penyusunan Modul Berbasis Sub CPMK

(Penulis : Hendrialdi)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *