JEBAC 2020 Diikuti oleh 430 Peserta dari Seluruh Indonesia

JEBAC 2020 Diikuti oleh 430 Peserta dari Seluruh Indonesia

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi melaksanakan Jambi Economics, Business, and Accounting Conference (JEBAC) pada tanggal 8 November 2020 secara daring. Ini merupakan kegiatan JEBAC yang kedua, sedangkan JEBAC yang pertama dilaksanakan pada tahun 2018 secara luring. Kegiatan ini adalah seminar nasional dan konferensi dalam bidang Ilmu Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi.

Dalam kegiatan ini FEB Universitas Jambi bekerja sama dengan Program Studi Magister Manajemen FEB Unja, FE Universitas Batanghari, FE Universitas Muara Bungo, dan FE Universitas Adi Bangsa Jambi bertindak sebagai co-host. Seluruh co-host tampil secara daring dan mengirimkan wakil-wakilnya sebagai presenter dalam kegiatan ini.

Kegiatan dibuka oleh Rektor Universitas Jambi yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi Prof. Dr. rer. nat. Rayandra Asyar, M.Si. Dalam kesempatan tersebut Warek mengatakan “Kita hadir pada acara dengan tema yang sangat sesuai dengan kondisi saat ini. Acara ini akan menjadi wadah sharing informasi terbaru. Juga pokok pikiran dari narasumber yang perlu diserap dan menjadi bekal bagi para mahasiswa dan dosen dalam pengembangan ilmu di bidang ekonomi dan akuntansi ini”.

Dalam pidatonya, Dekan FEB Universitas Jambi Dr. H. Junaidi, SE, M.Si mengatakan bahwa teknologi informasi pada masa pandemi ini menjadi kebutuhan vital terutama dalam mengatasi kendala dimana kita tidak boleh saling berkumpul. Seperti kita ketahui, kegiatan Jebac 2020 ini dilaksanakan secara daring untuk memenuhi standar kesehatan untuk mencegah penularan wabah COVID 19.

JEBAC 2020 dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama adalah Sesi Pleno yang menhadirkan 2 pembicara yaitu Prof. Dian Agustia dari Universitas Airlangga dan Prof. Didi Achjari dari FEB UGM. Sesi ini dimoderatori oleh Wakil Dekan II Dr. Shofia Amin, SE, M.Si. Prof Dian Agustia menyampaikan paparan tentang “Urgensi Teknologi Informasi bagi Perguruan Tinggi dan Praktik Bisnis di Era Pandemi”, sedangkan Prof. Didi Achjari menyampaikan paparan mengenai “Transformasi Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi di Era Pandemi”.

Bagian kedua dari sesi pleno dimoderatori oleh Wakil Dekan III FEB Dr. Ilham Wahyudi, SE, M.Si. Sesi ini menghadirkan empat pembicara yaitu Prof. Euis Amalia dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Musa Hubeis dari IPB University, Prof. Syarwani Canon dari Universitas Gorontalo, dan Dr. Imamudin Yuliadi dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Pada kesempatan tersebut, Prof. Euis Amalia memberikan paparan tentang “Kemitraan Strategis Fintech dan Keuangan Mikro Syariah (Microfinance) untuk Penguatan Usaha Kecil Mikro di Tengah Covid 19”. Sedangkan Prof. Musa Hubeis menyampaikan paparan tentang “Peluang dan Tantangan Manajemen Perubahan Pada Industri dalam Menuju Era New Normal”.

Berikut adalah materi presentasi para narasumber:

Sesi ketiga adalah sesi paralel yang menhadirkan 60 presenter pada bidang Ilmu Ekonomi, Ekonomi Islam, Manajemen, dan Akuntansi. Berikut adalah nama-nama presenter tersebut:

  1. Oeliestina (Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi)
  2. M. Zahari (Universitas Batanghari)
  3. Kholil (Universitas Sahid)
  4. ifa Hanifiah (Universitas Padjadjaran)
  5. Eviyana Atmanegara (BPS Provinsi Jambi)
  6. Aditya Dwi (IPB University)
  7. Adi Putra (Universitas Muhammadiyah Jambi)
  8. Nurida Isnaeni, Ridhwan, Sigit Indrawijaya (Universitas Jambi)
  9. Akhmad Nur Zaroni dan Norvadewi (IAIN Samarinda)
  10. Shohifah Nurfitri (Unisba)
  11. Andang Fazri, Johannes Simatupang, Zulkifli Abdullah, Sumarni, Gerry Yuesa Rosyid dan Yayuk Sriayudha (Universitas Jambi)
  12. Tona Aurora Lubis (Universitas Jambi)
  13. Cut Nizma (Politeknik Negeri Medan)
  14. Shofia Amin dan Siti Raudhoh (Universitas Jambi)
  15. Denok Sunarsih (STMIK Dharmapala Riau)
  16. Hendra Galuh (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
  17. Hendriyaldi (Universitas Jambi)
  18. Jouzar Farouq (Politeknik Negeri Bandung)
  19. Novita Sari (Universitas Jambi)
  20. Agus Satrya (Universitas Palangkaraya)
  21. Almira (Universitas Jambi)
  22. Amalia Indah (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
  23. Ayu Azizah (Universitas Jambi)
  24. Edi Firza (Universitas Jambi)
  25. Eka Julianti (Universitas Adiwangsa Jambi)
  26. Elok Sekartaji (Universitas Yarsi)
  27. Erie Irianti (Universitas Mulawarman)
  28. Gandy (Universitas Jambi)
  29. Hary Sugiyanto (PKN STAN)
  30. Karni Sihombing (Universitas Jambi)
  31. Muhammad Hendrawan (Universitas Mulawarman)
  32. M. Ridwan (Universitas Jambi)
  33. Nanda Nugraha (Universitas Jambi)
  34. Neysha (Universitas Jambi)
  35. Rafli Arfandi (Universitas Mulawarman)
  36. Ria Anggira (Universitas Jambi)
  37. Sumadi (Institut Bisnis AAS Indonesia)
  38. Supriyadi (PKN STAN)
  39. Yetty Murni (Universitas Pancasila)
  40. Zaki Fachroni (Universitas Mulawarman)

Bagian akhir dari kegiatan adalah acara penutupan. Pada sesi ini diumumkan the best papers untuk setiap kategori. Dr. Shofia Amin dan Dr. Nurida Isnaeni terpilih sebagai presenter dengan best papers yang artikelnya akan dimuat pada Jurnal FEB Unja yang terakreditasi SINTA 2. Selanjutnya kegiatan diakhiri dengan sambutan dan penutupan oleh Dekan FEB Unja Dr. H. Junaidi, SE, M.Si.

(AF09112020)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *