Rektor Membuka Kegiatan Kelas Inspirasi FEB UNJA

Rektor Membuka Kegiatan Kelas Inspirasi FEB UNJA

Pada tanggal 26 September 2020 kemarin,  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi menyelenggarakan kegiatan Inspiration Class dengan tema “No Lockdown For Studentpreneur” melalui Zoom meeting dan streaming Youtube. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor Universitas Jambi, bapak Prof. Drs. H. Sutrisno, M.sc, P.hd dan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, bapak Dr. Junaidi, SE, M.Si. Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Bapak Dr. Ir. Teja Kaswari, M.Sc.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, bapak Dr. Junaidi, SE, M.Si menyatakan bahwa “FEB sangat menyambut baik semua kreativitas dan inovasi, No Lock Down untuk Inovasi dan Kreativitas “. Sedangkan Rektor Universitas Jambi, bapak Prof. Drs. H. Sutrisno, M.sc, P.hd menjanjikan bahwa akan mendukung penuh semua kegiatan Kewirausahaan di Universitas Jambi, yaitu melalui pembentukan Lembaga Inovasi dan Kewirausahaan serta Badan Layanan Usaha di Universitas Jambi, menumbuhkan Entrepreneursip berbasis IT dan implementasi Kampus Merdeka Merdeka Belajar yang salah satu buktinya adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis memenangkan Hibah Centre of Excellences Kampus Merdeka Merdeka Belajar.

Kewirausahaan, merupakan salah satu mata kuliah yang diberikan pada seluruh Porgram Studi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, yang semakin menunjukkan eksistensinya sejak tahun 2012. Mata kuliah Kewirausahaan ini memberikan pengalaman pembelajaran yang berbeda dari mata kuliah lainnya dimana metode pembelajaran yang digunakan telah memenuhi seluruh tujuan sebuah Pendidikan ; Knowledge, Comprehension, Application, Analysis, Synthesis, dan Evaluation. Aktivitas pembelajaran  yang dilakukan, selain membekali mahasiswa dengan pengetahuan teori dikelas, juga membentuk sikap dan perilaku mahasiswa melalui kegiatan lainnya diluar kelas.

Salah satu metode pembelajaran diluar kelas adalah kegiatan Outbond yang bertujuan untuk membentuk karakter kepemimpinan dan kemampuan kerja sama. Kemudian, pelaksanaan Inspiration Class dengan mengundang para young entrepreneur  untuk membuka mindset mahasiswa akan entrepreneurship. Yang tidak kalah pentingnya lagi adalah keikutsertaan dalam Global Entrepreneurship Week (GEW) yang merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan secara serentak diseluruh dunia sejak tahun 2011, untuk mengasah kreativitas dan inovasi mahasiswa. Kewirausahaan terus beradaptasi dengan kekinian. 

Kedepan, dalam mendukung Program Kampus Kehidupan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis telah membekali diri sesuai dengan tuntutan, dimana para dosen pengajar mata kuliah Kewirausahaan juga telah mendapatkan Sertifikasi Pendamping UMKM. Semoga pembelajaran kewirausahaan ini dapat terus mendukung visi kementerian, visi Rektor Universitas Jambi, dan Visi Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Para pemateri pada kesempatan ini adalah para young entrepereneur mahasiswa maupun alumni Universitas Jambi yang sangat menginspirasi, yaitu Nadia Indah Pratiwi, Owner “Cake by Nadia’, Ifwan Adinata, S.Ip Owner “Cakap Kreatif, Kladiks Chips, Begawe.Id dan Grass Cutter Mechanization” dan Mira Gustiana P, SE, MM Owner “Dodo Florist, King Boba dan MP Clothing”. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh dosen pengajar mata kuliah Kewirausahaan dan lebih dari 700 mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Kewirausahaan pada prodi Manajemen, Akuntansi, Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan, Ekonomi Islam dan Program Diploma 3 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *